Oleh :Rasi Rahagia, S.Kep., Ns., M.Kep

Hiperplasia neointimal adalah penyebab umum restenosis setelah operasi bypass, balloon angioplasty, dan stenting. Namun, efek kausal langsung yang kompleks dan interaksi pengaruh genetik dan lingkungan dalam proses ini tidak dipahami dengan baik. Secara khusus, mikrobioma usus mungkin merupakan faktor lingkungan penting yang mempengaruhi kerentanan terhadap perkembangan hiperplasia neointimal setelah cedera arteri meskipun kurangnya kontak langsung antara mikroba usus dan pembuluh darah perifer.

Para peneliti sebelumnya mengamati bahwa tikus yang bebas kuman (GF) mengembangkan hiperplasia neointimal yang kurang signifikan 4 minggu setelah ligasi karotid unilateral dibandingkan dengan kohort konvensional yang sesuai dengan usia dan jenis kelamin yang sesuai (CONV-R). Selain itu, tikus GF memiliki respons inflamasi arterial sistemik dan lokal yang berubah terhadap ligasi karotid, menguatkan data oleh orang lain bahwa mikrobiota mengatur respons inflamasi akut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih menjelaskan peran kausal mikrobiota usus dalam proses remodeling arteri dengan merekolonisasi tikus GF menggunakan transplantasi tinja (GF-FT).

Penelitian ini memberikan demonstrasi langsung pertama dari dampak mikrobiota usus pada respon renovasi arteri perifer setelah cedera, dengan pembalikan hiperplasia neointimal yang dilemahkan pada tikus GF setelah transplantasi tinja dibandingkan dengan tikus CONV-R. Mekanisme yang mungkin termasuk modulasi langsung atau tidak langsung dari respon inflamasi arteri lokal oleh komponen turunan mikrobiota, yaitu, lipopolisakarida dan/atau metabolit yang dihasilkan mikroba.

Sementara kami sebelumnya mengidentifikasi perbedaan yang signifikan antara tikus CONV-R dan GF dalam konsentrasi sitokin dan kemokin inflamasi sistemik dan dalam infiltrasi arteri sel-sel inflamasi, 2 penyelidikan awal membandingkan peradangan akut pada kohort CONV-R, GF, dan GF-FT yang menggunakan multiplex immunoassays dari sitokin inflamasi mengungkapkan hubungan non-linear antara sitokin individu, kolonisasi mikroba, dan hiperplasia neointimal (data tidak ditampilkan) yang akan memerlukan penyelidikan lebih lanjut untuk sepenuhnya memahami dinamika sel inflamasi dalam arteri pasca-cedera yang didorong oleh kolonisasi mikroba.

Studi lebih lanjut juga diperlukan untuk mengungkap dan memperbaiki hubungan mekanistik antara remodeling arteri perifer dan mikrobiota usus dan untuk menjelaskan apakah modulasi mikrobioma usus merupakan target terapi baru untuk pencegahan dan pengobatan restenosis arteri.

Daftar Pustaka

1. Wun K, Theriault BR, Pierre JF, Chen EB, Leone VA, Harris KG, Xiong L, Jiang Q, Spedale M, Eskandari OM, Chang EB, Ho KJ. Microbiota control acute arterial inflammation and neointimal hyperplasia development after arterial injury. PLoS One. 2018; 13:e0208426

2. Mandal S, Van Treuren W, White RA, Eggesbo M, Knight R, Peddada SD. Analysis of composition of microbiomes: a novel method for studying microbial composition. Microb Ecol Health Dis. 2015; 26:27663

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *