Pada hari Jumat 31 Mei 2024, Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemendikbud Ristek Dikti) mengumumkan nama-nama peserta yang lolos untuk mendapatkan Program Hibah Penelitian tahun  2024.

Dalam daftar tersebut, 2 Dosen Program Studi S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) berhasil mendapatkan Program Hibah Penelitian yaitu :

  • Bpk. Heri Nur Cahyanto, S.Kep., Ns., M.T. dengan judul penelitian “Pengembangan Deteksi Dini dan Asuhan Keperawatan Pada Kanker Menggunakan Artificial Intelligence (AI) Berbasis Web”
  • Ibu Putri Pamungkas, S.Kep., Ns., M.KM. dengan judul penelitian “Pengembangan Model Kasiting Berbasis Artificial Intelligence (AI) Terhadap Deteksi Dini Stunting Bayi Pada Kader Kesehatan

Program Hibah Penelitian dari Kemendikbud Ristek Dikti ini merupakan sebuah Program Hibah yang dinantikan oleh setiap Dosen di lingkungan Perguruan Tinggi dan menjadi ajang kompetisi bagi seluruh Dosen yang ingin mendapat dana penelitian maupun program pengabdian masyarakat dari pemerintah.

Karena Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan pendidikan sebagaimana diamanahkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20. Sejalan dengan kewajiban tersebut, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 menegaskan bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Dalam pasal tersebut juga ditegaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *