Pada hari Sabtu 4 Mei 2024, Himpunan Mahasiswa Keperawatan (Himasaka) Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) mengadakan kegiatan Orientasi dan Pembekalan Gawat Darurat Mahasiswa IKBIS Surabaya dengan tema Pembekalan Dan Pembelajaran Pada Tata Laksana Korban Kecelakaan Dengan Keilmuan BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support). Bertempat di Ruang CBT Kampus A IKBIS.

Diikuti sebanyak 50 mahasiswa Keperawatan, Narasumber kali ini yaitu Ibu Rasi Rahagia S.Kep.,Ns.,M.Kep. dan juga Dosen Keperawatan Bpk. Alpian Jayadi, S.Kep., Ns., M.Imun. Secara lengkap dan detail memberikan Pembekalan serta melakukan praktik roleplay langsung karena  BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support) ini merupakan pelatihan penanganan kasus gawat darurat dan juga merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki seorang perawat profesional dimana pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan kompetensi perawat dalam menghadapai kasus kegawat daruratan untuk mencegah kematian maupun kerusakan organ pasien.

Dalam pelatihan ini mahasiswa banyak diberikan pembobotan diantaranya, penatalaksanaan kegawat daruratan dalam hal bantuan hidup dasar, penanganan pada pasien kritis khususnya kasus kecelakaan dan trauma.

Basic Trauma Cardiac Life Support sudah menjadi tuntutan keahlian yang harus dimiliki tenaga medis profesional. Karena ketika dilapangan nanti tenaga medis akan banyak menemukan pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan kegawat daruratan, dimana hal tersebut perlu penanganan dan keahlian khusus. Sehingga pelatihan ini dapat mendidik mahasiswa perawat dalam menciptakan kualitas lulusan yang kompeten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *