Akupunktur merupakan Traditional Chinese Medicine (TCM). Teknik pengobatan ini sudah diterapkan oleh Masyarakat China berabad-abad silam. Seiring perkembangan ilmu kedokteran, akupunktur semakin dikenal oleh negara luas.

Akupunktur merupakan terapi China kuno yang menggunakan jarum-jarum kecil. Jarum-jarum ini akan ditusukkan secara lembut pada lokasi yang tepat di tubuh. Lokasi penusukan dikenal dengan nama titik-titik akupunktur.

Penusukan jarum pada titik akupunktur dapat memengaruhi sistem regulasi di dalam tubuh. Hal ini membuat kondisi energi (qi) dan darah (xue) menjadi seimbang. Saat energi dan darah telah seimbang, tubuh akan bereaksi. Reaksi ini akan memengaruhi penyembuhan dari dalam tubuh sendiri.

Praktik Akupuntur dalam Prodi S1 Ilmu Keperawatan Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) ini berfungsi sebagai terapi atau langkah pendukung untuk mengontrol gejala, meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi terhadap kesembuhan pasien secara keseluruhan. Agar mahasiswa mempunyai skill tambahan karena  tentunya dalam Dunia Kesehatan kedepannya Pengobatan Modern yang di dukung dengan Pengobatan Tradisional akan menjadi Trend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *