Pada Hari Rabu 10 Januari 2024, Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) mengadakan Seminar Online tentang “Kaigo” di Jepang bertempat di  Ruang Smart Classroom IKBIS Lt. 3 yang diselenggarakan bekerja sama dengan JICWELS. Perlu kalian ketahui Informasi ini bahwa Japan International Corporation of Welfare Services (JICWELS) merupakan lembaga koordinasi di Jepang yang menerima calon perawat dan perawat lansia, sejak tahun 2008 telah menempatkan lebih dari 5,600 calon perawat di fasilitas-fasilitas penerima yang tersebar di seluruh Negeri Jepang.

Negara Jepang terus menghadapi fenomena demografi dimana angka kelahiran kecil dan menurun, disisi lain populasi lansia yaitu penduduk dengan usia di atas 65 tahun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data statistik pemerintah Jepang, pada tahun 2021 Jepang mengalami penurunan jumlah penduduk sebanyak 644.000 jiwa, sehingga total populasi jepang mejadi 125.502.000 jiwa. Angka penurunan penduduk tersebut adalah tertinggi dalam sejarah sejak tahun 1950 dan dalam kurun waktu 10 tahun berturut-turut trend penurunan penduduk terus membesar.

Kaigo merupakan istilah dalam bahasa Jepang yaitu Perawat yang tugasnya membantu dan mendukung kehidupan sehari-hari kepada orang yang tidak dapat menjalankan aktifitas sehari-hari seperti makan, mandi, eliminasi secara mandiri karena adanya cacat, penyakit , penuaan yang tidak lain adalah para Lanjut Usia (Lansia).

Kebutuhan tenaga kerja Caregiver di Jepang luar biasa besar dan terus meningkat dikarenakan fenomena menurunnya angka kelahiran yang menyebabnya trend jumlah penduduk terus menyusut, sedangkan populasi lansia terus meningkat. Bagi tenaga kerja muda Indonesia, ini merupakan peluang untuk meraih kempatan bekerja atau berkarir di Jepang. Sementara di Indonesia populasi usia produktif sangat tinggi dan berkelimpahan tenaga kerja. dan penghasilan yang didapat pun tergolong lumayan bagus untuk ukuran kita sebagai orang Indonesia jika di kalkulasi menjadi Rupiah setiap Perawat bisa mengantongi hingga 20 juta perbulan.

Sebelumnya pada tanggal 6 Januari 2024, 2 orang Perwakilan dari JICWELS telah mendarat di Kota Surabaya mereka adalah Mr. Sato san dan Mr. Yaguchi. Mereka datang ke Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) dengan tujuan untuk mempersiapkan venue maupun peralatan elektronik dan koneksi internet yang akan digunakan pada Seminar Online ini karena sangat penting dalam kelancaran kegiatan tersebut.

Mengapa perwakilan dari JICWELS datang mengunjungi Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) adalah karena mereka melihat bahwa Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) sudah memberangkatkan hingga 80 Mahasiswa untuk melaksanakan Program Magang di Jepang yang terbagi menjadi 8 batch sampai saat ini, dan Potensi-potensi dari Mahasiswa Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) jelas sudah tidak diragukan lagi kualitas pendidikan dan etika profesinya karena terbukti menjadi langganan dalam mengirim tenaga Perawat Caregiver di Jepang.

Dan kali ini JICWELS membuka kesempatan tidak hanya tertuju pada Program Studi S1 Ilmu Keperawatan saja namun Program Studi S1 Ilmu Gizi dan D3 Kebidanan pun saat ini mendapatkan peluang yang sama untuk mereka bisa bekerja di Jepang sebagai Caregiver!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *