Pada tanggal 6 – 7 Desember 2023, telah dilaksanakan kegiatan Online Class & Workshop dengan tema : Optimasi Penggunaan Information Communication Technology (ICT) Untuk Penelitian. Coach dari Workshop ini adalah Bpk. Annas Vijaya, M.IT. Di ikuti oleh 10 Dosen terpilih yang lolos seleksi dan dilaksanakan di Ruang 9 Lantai 3 (Smart Classroom) Gedung A Kampus IKBIS.

ICT adalah singkatan kata dari Information Communication Technology, yaitu merupakan teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan dan mendistribusikan informasi. Seperti contoh ICT mencakup komputer, internet, telepon, televisi, radio, dan peralatan audio visual lainnya.

Tujuan utama dari penerapan ICT dalam dunia penelitian adalah sebagai pengumpulan informasi atau data dengan menggunakan internet yang  beberapa hal yang tercakup di dalamnya meliputi survei secara online, wawancara online, pengumpulan data metrik, buku elektronik dll.

Dengan penggunaan ICT,  memudahkan peneliti dalam melakukan proses penelitian karena lebih efektif dan efisien serta mampu diaplikasikan ke berbagai bidang tanpa terkendala tempat dan waktu karena tidak rumit seperti hal nya penelitian sebelum adanya ICT.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *