Pada Hari Selasa, 28 November 2023. Himpunan Mahasiswa Keperawatan (Himasaka) Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) mengadakan Webinar Sosialisasi perkenalan Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI) dan Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (BIMIKI).

Pembicara dalam webinar ini adalah Renanda Eka Yuliana dan Oktavia Arum yang mewakili ILMIKI.

ILMIKI merupakan sebuah organisasi mahasiswa yang beranggotakan lembaga kemahasiswaan ilmu keperawatan di Indonesia yang didirikan pada tanggal 24 September 2000. ILMIKI merupakan wadah sekaligus alat yang berfungsi sebagai alat pemersatu mahasiswa keperawatan se-Indonesia. Visi dari organisasi ILMIKI yaitu “Kontribusi Nyata dalam KATA (Kritis, Analitis, Transparansi dan Aktif) untuk ILMIKI Jaya”. Sedangkan, misinya adalah membangun kaderisasi yang kompeten dan professional, menciptakan ekosistem organisasi yang adaptif dengan lingkungan ILMIKI, membangun dan menjalin ikatan dengan seluruh komponen/stakeholder guna mengenalkan ILMIKI secara luas dan meningkatkan Kerjasama Mahasiswa Keperawatan se-Indonesia, serta meningkatkan potensi Sumber Daya Mahasiswa ILMIKI, dan menciptakan sistem kinerja secara optimal dan penuh perjuangan.

Sedangkan BIMIKI merupakan salah satu lembaga jurnal ilmiah di bidang kesehatan yang ada di Indonesia. BIMIKI menjadi sebuah platform yang  mewadahi mahasiswa/peneliti keperawatan untuk mempublikasikan karya ilmiah dalam bentuk e-journal berkala. Terbentuknya BIMIKI dilatarbelakngi dengan adanya surat keterangan Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 152/E/T/2012 tentang wajib publikasi ilmiah bagi S1/S2/S3. Untuk itu, ILMIKI bekerja sama dengan Health Professional Education Quality (HPEQ) Student membentuk Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan (BIMKES) yang didalamnya terdiri dari berbagai berkala ilmiah ilmu kesehatan dan salah satunya terdapat BIMIKI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *