Pada hari Selasa 14 Mei 2024, Mahasiswi D3 Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Manajemen Laktasi Pada Kader, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui” di wilayah Puskesmas  Tanah Kali Kedinding Surabaya.

Materi Manajemen Laktasi disampaikan oleh Ibu Setiya Hartiningtiyaswati, S.ST., M.Keb. selaku Dosen D3 Kebidanan dan juga Praktisi di Bidang Laktasi, pada kesempatan ini beliau menyampaikan materi mengenai posisi menyusui yang benar, tanda perlekatan menyusui, akibat posisi menyusui yang salah, tanda kecukupan ASI, hingga permasalahan dalam menyusui beserta solusi cara mengatasinya.

Karena ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi serta bermanfaat sebagai kekebalan alami pada bayi. ASI mengandung zat kekebalan yang mampu melindungi bayi dari berbagai penyakit seperti otitis media, infeksi saluran pernafasan akut bagian bawah, dan diare.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai Manajemen Laktasi dan para ibu hamil dan menyusui dapat mengkoreksi cara pemberian ASI dan dapat membantu untuk mengurangi angka Stunting di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *