Pada Hari Sabtu, 2 Desember 2023. Mahasiswa dari Program Studi S1 Ilmu Gizi dan D3 Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) melaksanakan kegiatan Kunjungan Herbal Turi Putih di Desa Kebonagung, Blitar, Jawa Timur. Untuk pembelajaran berbasis proyek Mata Kuliah Makanan Fungsional (Functional Food) pada Program Studi S1 Ilmu Gizi dan proyek Mata Kuliah Herbal pada Program Studi D3 Kebidanan.

Sehat Bersama Alam merupakan moto dari Turi Putih Herbal, yang merupakan produksi Kelompok Tani Hutan Turi Putih. Sebaran tanaman empon-empon yang terdiri dari kunir, jahe, temulawak berkisar 6,3 hektar penanaman di sekitar pekarangan rumah. Tanaman kunir 3.5 hektar dengan hasil produksi 121,1 kw/th, jahe 1.6 hektar hasil produksi 305,6 kw/th, temulawak luas 1,2 hektar hasil produksi 219,6 kw/th.

Ibu Nur Tajiaturrohmah adalah salah satu warga Desa Kebonagung, merupakan  penggerak usaha membuat minuman ekstrak empon – empon, yang bahan bakunya adalah tanaman yang banyak tumbuh di sekitar lingkungan tempat tinggal. Sejak tahun 2013 kegiatan ini dimulai, gagasan ini disebabkan karena  Bu Nur melihat tanaman di lahan warga Desa Kebonagung yang terbengkalai dan tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain membuat ekstrak empon – empon, beliau juga mengajak ibu – ibu rumah tangga sekitar untuk dijadikan keluarga binaan supaya membudidayakan tanaman empon – empon ataupun tanaman herbal lainnya hingga sekarang semua produk yang dihasilkan diberi nama TURI PUTIH Herbal.

Kegiatan dimulai dengan sambutan pemberian materi dari pemilik Turi Putih, kemudian mahasiwa dibagi menjadi beberapa kelompok, ada yang diarahkan untuk mengikuti workshop pembuatan jamu herbal, dan juga ada yang mengikuti tour tanaman obat dan lingkungan sekitar.

Diharapkan, kunjungan herbal ini bisa bermanfaat dan menyenangkan bagi Mahasiswa karena mendapatkan penjelasan materi dan visualisasinya secara langsung, baik dari bapak/ibu dosen maupun para pembuat jamu herbal Turi Putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *