Pada hari Kamis 2 November 2023, Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Gizi yang melaksanakan Praktek Kerja Lapang (PKL) Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan (MSPM) telah selesai. PKL MSPM adalah kegiatan yang diprogramkan khusus pada mahasiswa Gizi Klinik selama 1 bulan. PKL ini dilakukan di Rumah Sakit Husada Utama Surabaya sejak awal Oktober 2023.

PKL yang dilakukan meliputi Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan. Kegiatan dalam MSPM dimulai dari pengadaan bahan makanan, produksi makanan, analisa sumberdaya manusia (ketenagaan), analisa layout dapur, analisa dan mengevaluasi biaya, penyusunan menu 3 hari sesuai standar, perhitungan kebutuhan bahan makanan sesuai menu 3 hari, uji daya terima dan analisis data hasil uji, pengembangan / modifikasi resep / makanan enteral, analisis HACCP resep/menu diet khusus/enteral dan pemberian pendidikan, latihan serta intervensi lain pada promosi kesehatan/pencegahan bagi penerima makanan.

Setelah selesai melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan sesuai dengan tahapan PKL maka para mahasiswa membuat makalah laporan hasil dari pelaksanaan PKL yang telah dijalani nya dan dipresentasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *