Membangun Generasi Perawat yang Siap Menjawab Tantangan Global!

S1 Ilmu Keperawatan

S1 keperawatan kesehatan

Tentang
S1 Ilmu Keperawatan

Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) dirancang untuk menghasilkan perawat profesional yang kompeten dan siap menghadapi tantangan kesehatan global. Kurikulum kami mencakup pembelajaran teori keperawatan dasar hingga penerapannya dalam praktik klinis yang kompleks, serta penekanan pada soft skills seperti komunikasi terapeutik, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan kritis. Serta keterampilan dalam melakukan kewirausahaan dan teknologi dalam bidang keperawatan (Home Care dan Produk Herbal, Pengobatan Tradisional dan Paliatif untuk menangani beberapa penyakit).

Ke Unggulan

  1. Kurikulum Berbasis Kompetensi:
  • Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia (Semester 1): Memulai fondasi keperawatan dengan mempelajari kebutuhan dasar manusia, ini mempersiapkan mahasiswa untuk memahami dan merespon berbagai situasi kesehatan dasar.
  • Keperawatan Dewasa dan Anak (Semester 3-5): Mahasiswa mendalami perawatan untuk berbagai sistem tubuh dan kondisi kritis yang sering dijumpai di rumah sakit, seperti sistem kardiovaskuler, pernafasan, hematologi, serta keperawatan anak.
  • Keperawatan Kritis dan Bencana (Semester 7): Membekali mahasiswa dengan kemampuan menangani situasi kritis dan darurat, yang sangat relevan dalam konteks bencana alam di Indonesia..
  1. Pengembangan Keterampilan Praktis:
  • Keterampilan Dasar Keperawatan (Semester 2): Mahasiswa mempelajari keterampilan klinis dasar yang esensial untuk praktik perawatan.
  • Teknologi dan Sistem Informasi Keperawatan (Semester 3-4): Mahasiswa diperkenalkan pada penggunaan teknologi informasi dalam keperawatan, membantu mereka menjadi perawat yang adaptif di era digital.
  1. Kepemimpinan dan Manajemen:
  • Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan (Semester 6): Fokus pada pengembangan kemampuan manajerial dan kepemimpinan, yang penting untuk peran pengawas atau kepala perawat di masa depan.

Program Internship di Jepang

IKBIS bekerjasama dengan Lembaga Kerja Jepang (J-Access), membuka peluang bagi Mahasiswa Semester Akhir Program Studi S1 Keperawatan untuk bisa mengikuti Program Magang di Jepang melalui serangkaian Tes Seleksi Khusus.

Jenjang Karir S1 Ilmu Keperawatan


Lulusan Program Studi S1 Keperawatan memiliki peluang karir yang luas, termasuk menjadi :

  1. Perawat Klinis:
    Dengan fondasi yang kuat dari mata kuliah seperti Keperawatan Dewasa dan Anak, lulusan siap bekerja di berbagai unit perawatan di rumah sakit.

  2. Perawat Komunitas:
    Dengan bekal dari Keperawatan Keluarga dan Komunitas, lulusan dapat berkontribusi pada kesehatan masyarakat, terutama di daerah terpencil.

  3. Manajer Perawatan:
    Lulusan yang menonjol dalam Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan dapat mengejar karir sebagai manajer atau pengawas perawatan di fasilitas kesehatan.


  4. Instruktur Klinis atau Dosen:
    Melalui Skripsi dan pengalaman KKN, lulusan yang tertarik pada bidang pendidikan dapat melanjutkan karir akademis.

Berita S1 Ilmu Keperawatan

Testimoni Alumni S1 Ilmu Keperawatan

Belajar di jurusan Keperawatan itu kompleks tapi seru, yang dipelajarin nggak cuma gimana caranya pasang infus atau perawatan orang sakit di rumah sakit. Tapi kita juga belajar bagaimana suatu penyakit itu bisa terjadi, gimana cara pencegahannya, siapa aja yang beresiko menderita, dan perawatan yang harus dilakukan.
Nur Farida
Alumni S1 Keperawatan 2015
Secara pribadi, kuliah di sini juga nggak kalah keren dengan mereka yang kuliah di universitas ataupun Akper lain. Aku sangat bangga. Banyak mahasiswa maupun alumni yang berprestasi, Aku juga belajar bagaimana berorganisasi. Hal ini jelas perlu untuk melatih rasa percaya diri kita untuk berbicara di depan umum.
Inas Hayati
Alumni S1 Keperawatan 2012
IKBIS adalah kampus yang mendidik mahasiswa nya agar menjadi seseorang perawat profesional,dan kompeten dan Prodi S1 Keperawatan mempunyai Dosen yang memiliki pengalaman study yang sangat bagus dan luar biasa. Good job IKBIS!
Dimas Hendarto
Alumni S1 Keperawatan 2021