Hari Kamis 5 September 2024, Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran digital dan mempersiapkan dosen untuk menyusun bahan ajar berbasis e-learning, Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Bahan Ajar untuk tahun ajaran 2024-2025. Acara ini diadakan pada hari Selasa 3 September 2024 diikuti oleh seluruh dosen dari berbagai program studi yang ada di lingkungan kampus.

Yang menjadi Narasumber dalam kegiatan Bimban Teknis yakni Bpk. Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd. selaku Dosen Teknologi Pendidikan dari Universitas Negeri Surabaya.

Wakil Rektor II Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya, Dr. Drs. MOEHAMMAD BUDI WIDAJANTO,Ec.,M.P., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peningkatan kemampuan dosen dalam memanfaatkan teknologi informasi, terutama dalam era digital seperti saat ini. “Penggunaan e-learning dalam proses pembelajaran sangat penting untuk mendukung interaksi yang lebih dinamis antara dosen dan mahasiswa, terutama dalam penyampaian materi ajar secara efektif dan efisien,” ujarnya.

Bimtek ini berfokus pada penyusunan bahan ajar yang interaktif dan mudah diakses oleh mahasiswa melalui platform e-learning. Para peserta mendapatkan pelatihan intensif tentang pembuatan modul digital, video pembelajaran, serta penggunaan berbagai aplikasi dan perangkat lunak pendukung.

Selain itu, para dosen juga diberikan pemahaman mengenai penyusunan kurikulum berbasis e-learning, pengelolaan kelas online, serta evaluasi pembelajaran yang dapat dilakukan secara daring. Materi-materi tersebut disampaikan oleh tim ahli di bidang pendidikan digital dan pengembangan kurikulum.

Salah satu Dosen peserta, mengungkapkan antusiasmenya terhadap pelatihan ini. “Bimtek ini sangat bermanfaat, terutama bagi kami yang ingin memaksimalkan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Kami berharap dapat menyajikan bahan ajar yang lebih kreatif dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa,” tuturnya.

Dengan terselenggaranya Bimbingan Teknis ini, diharapkan seluruh dosen Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya dapat mengimplementasikan bahan ajar berbasis e-learning dengan lebih baik, serta mampu menghadirkan pembelajaran yang lebih inovatif dan inklusif di tahun ajaran 2024-2025.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *