Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Gizi Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya melaksanakan kegiatan Praktik Kuliner Dasar yang bertempat di Lab Gizi Kampus A IKBIS.

Kuliner merupakan suatu perpaduan antara ilmu dan seni, karena dibutuhkan tentang seni mengolah bahan makanan sehingga menghasilkan makanan/hidangan yang siap disantap baik dari sisi kualitas maupun kuantitas serta aman di konsumsi. Mata kuliah Gizi Kuliner memberikan dasar-dasar yang diperlukan oleh setiap calon Sarjana Gizi sehingga dapat di implementasikan dalam berbagai menu baik makanan biasa maupun makanan khusus sesuai Gizi yang dibutuhkan oleh pasien.

Gizi sendiri merupakan ilmu yang memperlajari makanan yang berhubungan dengan kesehatan, sehingga gizi kuliner merupakan ilmu dalam melakukan penerapan prinsip gizi yang dikombinasikan dengan pengetahuan ilmiah (sains) makanan dan ditampilkan melalui penguasaan keterampilan bidang kuliner, dan hasil yang terbentuk dari penggabungan ilmu gizi dan ilmu pengetahuan ilmiah (sains) bahan makanan dan lain-lain maka akan tercipta makanan tidak hanya enak, bergizi dan sehat sehingga akan tercipta perilaku makan yang sehat.

Yang dipelajari dalam Gizi Kuliner meliputi :
a. Pemilihan bahan makanan
b. Persiapan bahan makanan sebelum diolah
c. Penyimpanan bahan sebelum dan sesudah di masak
d. Pengolahan dan pemasakan makanan
e. Penggunaan alat masak, alat kompor, sampai dengan alat menghidangkan yang tepat
f. Presentasi/penyajian makanan yang baik kesehatan dan sanitasi makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *