Kamis 24 juni  2021, Acara Reuni Lintas Generasi di adakan di Aula Kampus 2 Fakultas Bisnis IKBIS jl. Urip Sumoharjo 5-7. Dalam kesempatan tersebut hadir Perwakilan Struktural Bpk. Mohammad Wasil, S.Pd., M.E. selaku Dekan Fakultas Bisnis, begitu juga Perwakilan dari pada Dosen Senior di STIEUS yaitu Bpk. Drs.Ec. M. Dadang Arjogunawan, M.Si., dan Ibu Rini Novianti, S.K.M.,S.E.,M.M.

Sementara undangan yang hadir diwakili oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam Stieus (HIMAPAUS), Unit Kegiatan Kerohanian (UKK).
Tujuan pertama acara reuni adalah menyapa alumni sekaligus  re-branding lembaga dari nama sekolah tinggi ekonomi urip sumoharjo (STIEUS) menjadi institut kesehatan dan bisnis (IKBIS).

Tujuan berikutnya adalah menjalin kerjasama dengan alumni. Jumlah alumni yang lebih dari 2000 mahasiswa sejak awal pendirian menjadi potensi untuk diintegrasikan. Terdapat alumni yang menjadi pimpinan perusahaan, menjadi owner perusahaan, maupun alumni yang saat ini baru merintis dapat saling tersambung untuk mendapat manfaat bersama.

Dalam pertemuan itu juga  menjadi kesempatan bagi alumni untuk mencurahkan rasa rindu mengenang masa-masa studi, begitu juga alumni yang lain menjadikan kesempatan reuni untuk mencurahkan rasa penasaran atas berubahnya nama STIEUS menjadi IKBIS.

Ibu Rini menjelaskan bahwa Transformasi STIEUS menjadi IKBIS merupakan perencanaan yang digagas sejak tahun 2019. Dalam prosesnya memerlukan waktu yang tidak sebentar karena STIEUS harus menjalani proses audit di LLDIKTI sejak awal pendirian lembaga sampai dengan keluarnya surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1194/M/2020. Sejalan dengan pernyataan itu Bapak Dadang menambahkan bahwa sebuah keniscayaan jika perguruan tinggi mengalami perubahan menjadi lebih besar, kini dengan tergabungnya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) lembaga menjadi lebih besar memiliki 2 fakultas dengan 5 program studi. Memiliki dua gedung perkuliahan, kampus 1 yang beralamat di medokan semampir indah non 27 dan kampus 2 yang beralamat di urip sumoharjo no 5-7. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan gedung-gedung perkantoran.

 

IKBIS merupakan lembaga baru yang menaruh perhatian pada isu sustainability. Makna di dalamnya bukan sekedar integrasi tapi keberlanjutan masa depan dengan menyelaraskan sumberdaya sumber daya manusia dan lingkungan. Lembaga memiliki komitmen untuk dapat berpartisipasi dengan pemerintah dalam mewujudkan pencapaian pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Integrasi yang sudah dilakukan oleh lembaga salah satunya adalah penyesuaian kurikulum dengan DUDI, KKNI, BNSP, kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan kesehatan dan bisnis.

 

Lebih lanjut Bpk. Wasil menjelaskan bahwa trend perguruan mulai bergeser. Jika dimasa lalu perguruan tinggi berfokus pada pembangunan gedung-gedung perkuliahan yang berdekatan dengan pusat kota, kini mulai bergeser kepinggiran kota. Pinggiran kota menjadi pilihan karena lebih jauh dari kebisingan, luasnya lahan yang tersedia dan yang tidak kalah penting ingin memberikan suasana belajar yang lebih nyaman. Suasana ini terwakili oleh keberadaan kampus 1 yang memiliki lahan luas serta mudah di akses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *